METODE DRILL BERLEVEL BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Authors

  • Feni Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Author
  • Maulana Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Isrokatun Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33603/sae25k60

Keywords:

The Level-based Drill Method, Teams Games Tournament, Mathematical Understanding

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam pemahaman matematis melatarbelakangi dilakukan penelitian ini. Alternatif upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut salah satunya dengan menerapkan metode drill berlevel berbasis Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan dan pengaruh dari metode drill berlevel berbasis Teams Games dengan model ekspositori. Digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi yang diambil adalah siswa kelas tinggi SD di Kecamatan Plered. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling . Sampel penelitian yaitu kelas IVA dan IVB SDN 1 Gamel Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon , digunakan dua kelas sebagai sampel IVA dengan jumlah 35 orang kelas eksperimen dan IVB 35 orang kelas kontrol. Tes kemampuan pemahaman matematis adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan metode drill berlevel berbasis Teams Games Tournament memberikan peningkatan sebesar 37%, sedangkan kelas kontrol mampu memberikan peningkatan sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, peningkatan tersebut dipengaruhi adanya penerapan metode drill berlevel yang melatih anak dengan cara berlatih soal secara berkelanjutan dengan memperhatikan level soal yang berbeda hal ini menjadikan tahapan pemahaman anak terstruktur.

Downloads

Published

2024-05-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

METODE DRILL BERLEVEL BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS. (2024). EUCLID, 11(1), 17-32. https://doi.org/10.33603/sae25k60