ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS E- MODUL
DOI:
https://doi.org/10.33603/cpt2nq30Keywords:
Literasi Matematis, Self regulated learning, PBLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari Self-Regulated Learning (SRL) siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan e-modul. Subjek penelitiannya adalah 28 siswa SMA Katolik Sibolga. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) yaitu kombinasi antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain sequential exploratory. Tingkat Self Regulated Learning (SRL) dikategorikan menjadi 3 yaitu tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian dari 28 siswa pada kelas eksperimen terdapat 8 anak yang memiliki SRL rendah, 14 anak memiliki SRL sedang, dan 6 anak memiliki SRL tinggi. Dari hasil tersebut, diambil 2 sampel siswa untuk dilakukan wawancara terkait hasil tes SRL. Secara keseluruhan keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,50. Rata-rata nilai kemampuan literasi matematis mencapai KKM (65) yaitu 72,82 dengan proporsi ketuntasan mencapai 70%. Hasil menunjukkan ada hubungan antara SRL siswa dengan kemampuan literasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran PBL yakni siswa yang memiliki SRL rendah, kemampuan literasi matematisnya rendah, begitu pula sebaliknya. Pada penelitian ini, diperoleh rata-rata nilai kemampuan literasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kelas kontrol.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Friska, Sukestiyarno, Kartono (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.